Kamis, 08 Oktober 2015

Sawah di Jepang yang Menyala Indah di Malam Hari

Sawah di Jepang yang Menyala Indah di Malam Hari

Faktamania - Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata sawah? Tak jauh-jauh, mayoritas dari kita akan berpikir tentang hamparan tanaman padi menghijau yang subur. Begitulah gambaran sawah saat siang hari. Lalu jika malam? Hanya satu daerah tanpa pencahayaan baik. Bahkan seringnya, jika sawah-sawah di pedasaan akan sedikit menakutkan jika kita harus melewatinya saat malam. Gelap.
Namun, berbeda dengan area persawahan di Jepang ini. Jepang dikenal dengan ide-ide uniknya melahirkan hal baru. Kini salah satunya adalah sawah dengan menggunakan lampu LED ketika malam hari!
Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Sawah ini terletak di Shiroyone Senmaida, Jepang. Sawah ini menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED). Sebanyak 20.000 lampu LED menerangi area persawahan ini dengan tenaga matahari.
Hal ini bertujuan agar sawah lebih menarik di malam hari dan memberikan cahaya bagi warga kota selama 24 jam terus menerus. Walau menerangi secara terus menerus, tapi hal ini bukannya menambah biaya listrik tapi malah mengakibatkan penghematan.
“Sistem penerangan baru ini memberikan cahaya bagi warga kota sesuai kebutuhan mereka dan terus berfungsi dengan aman di kota selama 24 jam. Sistem baru ini juga akan mengurangi tagihan energi hingga mendekati satu juta poundsterling setiap dua tahun. Ini adalah sebuah penghematan yang besar,” kata Ed Argar, anggota Dewan Kota London.
Memang indah sekali ya? Mereka pandai memanfaatkan teknologi untuk seni dan memanfaatkan energi gratis dari sinar matahari yang mereka miliki. Indonesia kapan?
Baca juga mengenai sawah-sawah di jepang yang bergambar unik disini

Related Posts

Sawah di Jepang yang Menyala Indah di Malam Hari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berikan masukan anda mengenai informasi unik diatas tadi, dengan bijak dan sopan.